Sejarah Program Studi Teknologi Pendidikan

Sejarah Program Studi Teknologi Pendidikan

Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa didirikan pada tanggal 29 Desember 1998 sebagai salah satu wujud komitmen Universitas Samawa dalam menjawab kebutuhan akan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, inovatif, serta mampu mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.

Lahirnya Program Studi Teknologi Pendidikan tidak terlepas dari dinamika perubahan zaman, khususnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa dampak besar terhadap sistem pendidikan nasional. Pada akhir dekade 1990-an, kebutuhan akan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang menguasai media, sistem pembelajaran, serta teknologi pendidikan semakin meningkat. Hal inilah yang mendorong Universitas Samawa, melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, untuk membuka Program Studi Teknologi Pendidikan.

Sejak awal berdiri, Program Studi Teknologi Pendidikan diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam merancang, mengembangkan, mengelola, serta mengevaluasi sistem dan media pembelajaran. Kurikulum yang digunakan senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan kebijakan pendidikan nasional, serta kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Dalam perjalanannya, Program Studi Teknologi Pendidikan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, meningkatkan kualifikasi dosen, serta memperkuat kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Seiring dengan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program studi ini juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui kegiatan magang, proyek independen, penelitian, dan kerja sama dengan berbagai mitra eksternal.

Hingga saat ini, Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Samawa telah meluluskan banyak alumni yang berkiprah sebagai guru, tenaga kependidikan, pengembang media pembelajaran, peneliti, maupun praktisi di bidang teknologi pendidikan. Kiprah para alumni tersebut menjadi bukti nyata kontribusi Program Studi Teknologi Pendidikan dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, baik di tingkat daerah, regional, maupun nasional.

Dengan usia yang telah memasuki lebih dari dua dekade sejak berdiri pada 29 Desember 1998, Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Samawa berkomitmen untuk terus berkembang menjadi program studi yang unggul, inovatif, serta berdaya saing, guna mencetak generasi pendidik dan tenaga kependidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman.


LINK TERKAIT