
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Samawa
Periode 2025–2029
Rencana Strategis (Renstra) Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Samawa Periode 2025–2029 disusun sebagai pedoman arah pengembangan program studi dalam rangka mendukung visi, misi, dan tujuan Universitas Samawa. Dokumen ini menjadi landasan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian kegiatan tridarma perguruan tinggi, serta peningkatan mutu akademik dan tata kelola.
“Menjadi Program Studi Teknologi Pendidikan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing global dalam pengembangan, penerapan, serta pemanfaatan teknologi pendidikan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkarakter, kreatif, dan berkompetensi di era digital.”
Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Teknologi Pendidikan yang berkualitas, berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
Melaksanakan penelitian inovatif dalam bidang desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi teknologi pendidikan untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.
Mengimplementasikan hasil kajian dan penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
Membangun kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dunia usaha, dan industri dalam penerapan teknologi pendidikan.
Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, berintegritas, serta mampu beradaptasi dengan perubahan global dan revolusi industri 4.0.
Menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan menguasai teknologi pendidikan.
Meningkatkan produktivitas penelitian dan publikasi ilmiah dosen maupun mahasiswa.
Memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui program pengabdian berbasis teknologi pendidikan.
Memperluas jejaring kerja sama dengan mitra eksternal di tingkat regional dan nasional.
Mewujudkan program studi yang unggul melalui tata kelola yang baik, adaptif, dan berkelanjutan.
Bidang Akademik:
Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terlaksana secara konsisten.
Peningkatan kualitas pembelajaran berbasis teknologi digital.
Bidang Penelitian dan Publikasi:
Peningkatan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa setiap tahun.
Peningkatan jumlah publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional.
Bidang Pengabdian kepada Masyarakat:
Program pengabdian berbasis teknologi pendidikan diterapkan di sekolah dan masyarakat.
Terbentuknya mitra pengabdian tetap di tingkat daerah/regional.
Bidang Kerja Sama:
Terjalinnya kerja sama dengan minimal 5 lembaga eksternal (sekolah, pemerintah daerah, LSM, industri, organisasi profesi).
Pengembangan program magang dan kolaborasi penelitian.
Bidang Tata Kelola dan SDM:
Peningkatan kualifikasi dosen (minimal 50% dosen bergelar doktor pada tahun 2029).
Penguatan sistem penjaminan mutu internal di tingkat prodi.
Optimalisasi layanan administrasi berbasis teknologi.
Pendidikan dan Akademik:
Revisi kurikulum sesuai standar OBE dan MBKM.
Peningkatan kapasitas dosen dalam penggunaan teknologi pembelajaran digital.
Implementasi blended learning dan e-learning.
Penelitian dan Publikasi:
Penyediaan dana penelitian internal dan kolaborasi penelitian eksternal.
Mendorong dosen dan mahasiswa melakukan publikasi di jurnal bereputasi.
Penyelenggaraan seminar nasional/internasional tahunan.
Pengabdian kepada Masyarakat:
Program pendampingan sekolah berbasis teknologi pendidikan.
Penerapan produk inovasi teknologi pendidikan di masyarakat.
Penguatan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan lembaga masyarakat.
Kerja Sama:
Menjalin MoU/MoA dengan sekolah, pemerintah, dan mitra industri.
Program magang mahasiswa di sekolah, lembaga pendidikan, dan industri terkait.
Joint research dan joint publication dengan mitra eksternal.
Tata Kelola dan SDM:
Peningkatan kualifikasi akademik dosen melalui studi lanjut S3.
Pelatihan manajemen mutu dan akreditasi.
Pengembangan sistem informasi akademik prodi.
Revisi kurikulum prodi berbasis OBE dan MBKM.
Pelatihan dan workshop penggunaan Learning Management System (LMS) dan media digital.
Hibah penelitian internal untuk dosen dan mahasiswa.
Peningkatan publikasi melalui jurnal Prodi/kerja sama jurnal nasional.
Program pengabdian masyarakat berbasis teknologi pembelajaran di sekolah mitra.
Seminar nasional Teknologi Pendidikan tahunan.
Penandatanganan MoU dengan minimal 5 mitra strategis.
Program studi lanjut (S3) bagi dosen.
Digitalisasi layanan administrasi prodi.
Peningkatan mutu akreditasi program studi menuju peringkat “Unggul”.
Rencana Strategis Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Samawa Periode 2025–2029 ini merupakan pedoman arah pengembangan program studi selama lima tahun ke depan. Dengan sinergi antara pimpinan fakultas, kaprodi, dosen, mahasiswa, serta dukungan mitra eksternal, diharapkan visi “unggul, inovatif, dan berdaya saing di tingkat regional tahun 2029” dapat terwujud.